Artikel Linux Ubuntu

pake ubuntu biar ga buntu … :)

Selayang Pandang Ubuntu

Posted by maspur on February 26, 2008

INTRO

Distro (baca:macam) linux sekarang ini sudah banyak sekali baik itu yang bersifat komersial maupun yang gratis. Linux, Microsoft, dan Macintosh adalah produsen Sistem Operasi. Namun hanya Linux yang bersifat non-komersial/gratis dan tidak menyertakan lisensi dari system operasinya. Seperti yang kita ketahui Microsoft XP Professional lisensinya menyentuh harga jutaan bayangkan bila seorang newbie (pemula) yang ingin membeli komputer lengkap harus dipusingkan dengan lisensi system operasi yang disunakanya, bila harga Pentium D berkisar di 4 jutaan maka total harga satu PC lengkap dengan system operasinya mencapai 5 jutaan dan itupun belum termasuk program tambahan lainya .

Semenjak pemerintah memberlakukan UU no.9 Tahun 2002 tentang hak cipta maka banyak pemakai komputer yang mencari system operasi yang bersifat non-fee/gratis. Tentu para pemakai komputer mempunyai alasan finansial untuk menjawab migrasinya ke linux. Linux sendiri ada yang bersifat komersial dan gratis, Linux yang komersial antara lain adalah Mandrake Premium, Suse Linux, RedHat, Xandros Premium dan sedangkan yang bersifat free lebih bnyak lagi diantaranya adalah Debian, Knoppix, Simpli Mepis, Fedora Core, dan Ubuntu.

ASAL MUASAL UBUNTU

Ideologi Ubuntu berasal dari Afrika Utara yaitu tentang kesetiaan dan persahabatan (relationship) dengan sesama. Kata untu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa (“oo-Boon-too”) yang berasal dari konsep kuno Afrika, yang melandasi prinsip dari Republik Afrika Utara dan selaras dengan Ide Renaisance di Orang Afrika. Ubuntu sendiri memiliki filosofi sebagai berikut:

  1. Setiap pengguna komputer seharusnya mendapat kebebasan untuk menjalankan, mengkopy, mendistribusikan, mempelajari, berbagi, melakukan perubahan, dan meningkatkan software mereka untuk banyak tujuan, tanpa harus membayar lisensi.

  2. Setiap pengguna komputer seharusnya dapat menggunakan sofware mereka dalam bahasa pilihan mereka.

  3. Setiap pengguna komputer seharusnya diberikan kesempatan yang sama untuk emnggunakan software, meskipun mereka bekerja dalam kondisi ketidak mampuan (cacat).

Berangkat dari pemikiran seperti itu lah maka Canonical Ltd mendukung penuh proyek Ubuntu ini, Mark Shuttleworth sebagai pemilik Canonical Ltd menyiapkan dana sebesar US$10 Juta untuk pengembangan proyek Ubuntu. Tepatnya pda tanggal 20 Oktober 2004 untuk pertama kalinya Ubuntu merilis versi 4.10 dengan code name the Warty Warthog, menyusul versi 5.10 (Breezy Badger) dan yang terakhir adalah versi 6.06 LTS (Dapper Drake).

Ubuntu

Ubuntu adalah turunan dari distro Linux jenis Debian unstable (sid), Ubuntu merupakan project untuk komunitas, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem operasi beserta dengan paket aplikasinya yang bersifat free dan open source, karena Ubuntu mempunyai prinsip untuk selamanya bersifat gratis (free of charge) dan tidak ada tambahan untuk versi enterprise edition. Dalam website nya disebutkan bahwa Ubuntu Tim Ubuntu memberikan hasil kerjanya untuk semoa orang dalam pengertian free/gratis yang sama. Ubuntu juga juga tersedia dalam banyak bahasa termasuk bahasa Indonesia asli bukan bahasa Melayu, karena Tim Ubuntu memiliki tim penerjemah dan memberikan yang terbaik.

 

A person with ubuntu is open and available to others, affirming of others, does not feel threatened that others are able and good, for he or she has a proper self-assurance that comes from knowing that he or she belongs in a greater whole and is diminished when others are humiliated or diminished, when others are tortured or oppressed.”

Dukungan yang serius ditunjukkan dengan Ubuntu selalu mengeluarkan update Softwarenya minimal setiap 18 Bulan dan pada setiap rilis Ubuntu versi terbarunya. Yang Lebih menarik adalah Perusahaan Canonical ltd sebagai pemilik Ubuntu siap mengirimkan paket CD Ubuntu secara gratis kepada setiap pemesan yang menginginkan CD Ubuntu, pemesanan CD Ubuntu secara gratis ini dapat melalui Website Ubuntu di http://www.ubuntu.com. Menurut sumber-sumber di milis Linux Indonesia dan Milis ubuntu-id@google.com bahwa jangka waktu pemesanan dan pengiriman berkisar antara 3-2 bulan setelah kita memesan dari internet, dalam pemesanan itu kita dapat memilih jenis Ubuntu, berapa banyak CD yang dipesan, dll.

JENIS UBUNTU

Tampilan Desktop Ubuntu secara default menggunakan desktop Gnome, namun bukan berarti Ubuntu hanya Gnome saja tapi Ubuntu support terhadap KDE dan diberi nama Kubuntu, sedangkan yang menggunakan desktop XFCE diberi nama Xubuntu, Ubuntu juga tersedia untuk kalangan akademia yang diberi nama Edubuntu yang sangat powerful untuk sekolah karena dapat membantu manajemen sekolah dan menajemen labolatorium dengan baik serta dukungan terhadap hardware tua yang diberi nama online learning. Untuk versi Server tersedia juga Ubuntu Server, namun perbedaan yang mencolok di Ubuntu server ini adalah tidak menggunakan desktop sama sekali, jadi user harus menggunakan Text Mode untuk mengoperasikannya. Tentunya Ubuntu Server ini sangat meringankan beban kinerja Server sehingga server tidak repot-repot untuk mengolah tampilan desktop.

KELEBIHAN UBUNTU

Ubuntu memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

  1. Gratis dan gratis (Free of Charge)

Tidak perlu diragukan lagi bahwa Ubuntu gratis siap di download atau dapat memperolehnya via pemesanan CD, dan pemesanan CD pun gratis dari Belanda.

  1. Support terhadap bermacam aplikasi

Aplikasi yang di support oleh Ubuntu banyak sekali jumlahnya, menurut sumber terakhir bahwa program yang dapat di support Ubuntu mencapai 16.000 buah aplikasi. Dalam CD Ubuntu, secara otomatis dalam komputer akan di isi program antara lain Open Office, Mozilla Firefox, Konqueror, Synaptic Package Manager, GIMP, dan lain-lainya. Bila pengguna Ubuntu masih kurang puas dengan program bawaan CD Ubuntu maka pengguna dapat menginstall program-program yang terdapat di DVD Ubuntu. Walaupun Ubuntu adalah sistem operasi gratis namun Ubuntu dapat juga support bila di install aplikasi non-free (komersial).

  1. Dukungan penuh terhadap segala jenis komputer

Disinilah salah satu kehebatan sistem operasi yang bebasiskan Debian, Debian merupakan ruh dari Ubuntu sedangkan Debian sendiri telah diakui dunia sebagai sistem operasi yang dapat mensupport berbagai macam spesifikasi komputer Ubuntu support terhadap prosesor i386 (386/486/Pentium(II/III/IV) and Athlon/Duron/Sempron processors), AMD64 (Athlon64, Opteron, dan generasi baru 64-bit Intel processors (Intel EM64T)), and PowerPC (iBook/Powerbook, G4 and G5) architectures.

ENDING

Ubuntu, dengan segala kelebihan dan kekuranganya telah memberikan wajah baru di dunia IT. Fleksibel, kemudahan dan dukungan yang serius membuat Ubuntu menjadikan nya sistem operasi yang paling banyak di gunakan setelah SUSE . Hal ini sangat membanggakan karena usia Ubuntu yang belum genap empat tahun sudah menyalip Suse, Mandriva, RedHat, Knoppix, bahkan Debian sendiri. Bila anda suka terhadap tantangan dan masih newbie di dunia linux tidak salah bila mencoba Ubuntu, atau bila tak ingin meninggalkan Windows, Ubuntu dapat berjalan berdampingan dengan Windows. Namun saya menganjurkan untuk mencoba dulu Ubuntu di program simulator seperti VMWare Workstation. Selamat Mencoba.

Sumber:

http://www.ubuntu.com

http://www.kubuntu.org

http://www.xubuntu.org

http://www.edubuntu.com

http://id.wikipedia.org

http://www.linux.org

http://www.debian.org

Majalah Info Linux Bulan Agustus 2006

Mahyuddin Susanto

Ketua LPP IMM Komisariat Tawang Alun Universitas Jember, Anggota divisi Workshop Himpunan Mahasiswa Elektro

Dirjen HAKI mnegemukakan bahwa 85% Software yang beredar di Indonesia adalah bajakan , Sumber Harian Kompas 23 Juli 2003 http://www.kompas.co.id

Sumber http:///www.distrowatch.com

One Response to “Selayang Pandang Ubuntu”

  1. morge said

    Mas….aku mahasiswa perguruan tinggi negeri di Ind…
    aku dapat tugas untuk remastering ubuntu jadi livecd..harus ada spesifikasinya, misalnya dibuat untuk anak2 yang mau belajar komputer..
    Nah,,kira-kira,aku nyari refernsinya kemana?
    terus apa yang harus akulakukan….?
    soalnya,aku bener2 blank soal ubuntu, apalagi remastering…
    kata dosenku, semakin beda ma ubuntu semakin bagus..

    kalau mas mau bantu, Aku minta saran dari mas,,….
    thnx banget… ^-^

    dalam waktu dekat ini,aku bakal sering buka blog ini, ngecheck udah ada respon atau belum..

    makacie…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: