Artikel Linux Ubuntu

pake ubuntu biar ga buntu … :)

Menambah Font Windows pada Ubuntu

Posted by maspur on February 26, 2008

Install font Windows (.ttf) ke mesin Ubuntu, ada beberapa cara :
1. Via apt-get
$sudo apt-get install msttcorefonts
cara ini hanya bisa dilakukan jika anda terhubung ke internet.

2. Copy fonts di Ms. Windows ke Ubuntu dengan cara:
a. Copy font-font ada di folde C:WindowsFonts ( ber extensi .ttf)
b. Copy-kan ke dalam folder Ubuntu dan set permission foldernya ke mode 644
$ sudo cp ~/fontwin/* /usr/share/fonts/truetype/msttcorefonts/.
$ sudo chmod -R 644 /usr/share/fonts/truetype/msttcorefonts/
c. Update font
$ sudo fc-cache -f -v
d. Test font.
buka OpenOffice dan sekarang semua fonts windows sudah ada di OpenOffice.

Ref: http://easylinux.info/wiki/Ubuntu#How_to_install_Extra_Fonts

5 Responses to “Menambah Font Windows pada Ubuntu”

  1. anita, smkn1 said

    maspur, klo mo install font arab gimana?
    makasih atas responnya😉

  2. maspur said

    sudo apt-get install xfonts-intl-arabic
    sudo fc-cache -f -v

  3. khan said

    Mas Pur….
    aku dapat tugas remastering UBUNTU Mas….wah, padahal aku blank banget soal ubuntu, apalagi remastering….
    Remasteringnnya harus Live CD dan ada spesifikasinya, misalnya untuk pengenalan ubuntu/komputer untuk anak2….semakin beda ma ubuntu semakin bagus…
    Mas Pur bisa bantu kasih info ke aku nggak?apa aja yang harus aku lakukan?truz,
    aku sbaiknya nyari refernsi ke website mana?

    makacie buanget y Mas…

  4. khan said

    Met pagi Mas Pur..
    Mas aku dapat tugas remastering UBUNTU Mas….tapi, aku nggak tau samasekali tentang ubuntu…remasteringnya harus LIVECD dan ada spesifikasinya, misalnya untuk pengenalan ubuntu/komputer ke anak-anak…makinj beda ma ubuntu makin bagus banget Mas…
    Mas Pur bisa bantu aku nggak?ya ngasih aku website referensi atau ngasih aku info/tutorial step-by-step apa aja yang harus aku lakukan…soalnya aku bener-bener blank soal ubuntu, apalagi remastering….
    makacie banyak y Mas….

  5. khan said

    Mas Pur, aku dapat tugas remastering ubuntu, truz aku belum tahu apa apa tentang ubuntu, tolong Mas kasih saran kemana aku bisa nyari referensi…
    makasih banyak untuk responnya

Leave a Reply

 
